Pengukuhan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Imogiri

Administrator 20 November 2017 13:36:41 WIB

Beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 7 November 2017 dilaksanakan simulasi bencana sekaligus pengukuihan desa tangguh bencana yang diutandai dengan penyerahan secara simbolik neon box destana untuk desa Imogiri. Penyerahan langsung oleh Kepala BPBD Bantul Dwi Daryanto kepada Lurah Desa Imogiri Sunardi.

Kegiatan simulasi bencana tersebut  bertujuan untuk membentuk warga yang siap siaga apabila suatu saat terjadi bencana di wilayah tempat tinggalnya. Terlebih untuk masyarakat di bantaran sungai Celeng Imogiri yang sering melanda Dusun Cebolan, Bubutan, dan Paduresan saat musim hujan. Kegiatan simulasi dimulai dari skenario yang terdiri dari beberapa fase. Fase pertama adalah fase aman, yang kemudian dilanjutkan dengan terjadinya hujan lebat yang menyebabkan volume air di sungai Celeng meningkat. Fase yang kedua adalah fase waspada banjir dimana pada simulasi tersebut masyarakat diberi gambaran tanda-tanda akan terjadinya banjir kemudian terjadinya bencana banjir sampai dengan proses evakuasidan  penanganan korban.

Setelah simulasi dengan skenario dua fase tersebut, kegiatan diakhiri dengan evaluasi kegiatan simulasi bencana khususnya banjir. Kegiatan tersebut diikuti kurang lebih oleh 200 peserta yang terdiri dari unsur pemerintah desa Imogiri, tenaga kesehatan, karangtaruna, FPRB desa Imogiri, PMI, ormas serta masyarakat di sekitar bantaran sungai Celeng Desa Imogiri.

Komentar atas Pengukuhan Desa Tangguh Bencana (DESTANA) Desa Imogiri

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License