Tips Sukses Membudidayakan Tanaman Anggrek, Buahkan Omset Menggiurkan

Administrator 22 Januari 2019 09:49:46 WIB

Anggrek merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak di minati dan di buru oleh masyarakat, khususnya para wanita. Anggrek merupakan jenis bunga yang memiliki berbagai macam warna – warna indah dan menarik, dengan bentuknya yang cantik dan unik. Tak heran, apabila banyak dari masyarakat yang gemar untuk memiliki dan membudidayakan tanaman ini.

Mengembangkan dan membudidayakan tanaman anggrek tentunya bisa anda jadikan sebagai salah satu peluang usaha sampingan yang menguntungkan bukan ? Terlebih anggrek merupakan salah satu tanaman hias yang mempunyai harga jual yang cukup tinggi dan merupakan salah satu jenis tanaman yang paling laku keras di pasaran.

Hal – hal yang harus di perhatikan di dalam menanam dan mengembang biakkan tanaman anggrek, antara lain adalah :

  1. Media tanam

Media tanam yang dapat di gunakan untuk dapat berupa arang kayu, sabut kelapa, pakis ataupun serpihan pecahan dari genteng. Sedangkan wadah yang di gunakan sebagai media tanam untuk dapat menanam anggrek bisa berupa pot plastikm papan atau pot yang terbuat dari tanah liat.

  1. Lingkungan Hidup

Apabila anda ingin menjadi pebisnis yang sukses di dalam membudidayakan tanaman anggrek, anda di tuntut untuk selalu memperhatikan lingkungan tempat hidup anggrek yang anda miliki. Sebab, terdapat beberapa tanamna anggrek yang bisa dan boleh terkena paparan sinar matahari secara langsung, namun ada juga tanaman anggrek yang tidak bisa dan tidak boleh terkena langsung oleh paparan sinar matahari, sebab akan menyebabkan pertumbuhan mereka menjadi terhambat dan bahkan bisa mematikan tanaman anggrek tersebut. Kelompok tanaman anggrek yang bisa terkena langsung oleh paparan sinar matahari antara lain adalah anggrek vanda berdaun pendek dan anggrek kalajengking atau yang biasa di kenal dengan nama anggrek scorpio. Sedangkan, kelompok anggrek yang rentan dan sensitif oleh paparan sinar matahari secara langsung adalah anggrek bulan, anggrek dendrobium dan anggrek catleya.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menanam dan merawat tanaman anggrek hingga berbunga indah ? Berikut tipsnya untuk anda.

  1. Rutin melakukan penyiraman

Untuk menyiram tanaman anggrek, sebaiknya di lakukan sebelum terbitnya matahari, lakukan penyiraman sebanyak 1 kali dalam sehari. Sedangkan untuk pemupukan tanaman anggrek, sebaiknya di lakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu. Pemupukan dapat dilakukan secara terus – menerus hingga anggrek berbunga. Apabila tanaman anggrek yang anda miliki mulai tumbuh dan membesar, anda bisa mmeberikan tambahan pemupukan dengan menggunakan pupuk perangsang bunga yang memiliki unsur – unsur fosfor yang tinggi.

  1. Memperhatikan Takaran Pemupukan

Untuk takaran pemupukan, anda dapat melakukannya dengan melarutkan satu sendok makan pupuk ke dalam empat liter air, kemudian langsung menyemprotkanya sedikit demi sedikit pada tanaman anggrek anda. siramkan pupuk tersebut sampai merata. Anda dapat melakukan pemupukan tersebut saat matahari sudah condong ke arah barat atau sebelum terbitnya matahari.

  1. Memberikan Insektisida

Insektisida berfungsi untuk menanggulangi adanya serangan hama atu penyakit pada tanaman anggrek anda. Adanya serangan penyakit atau hama pada tanaman anggrek anda, bisa di tandai dengan munculnya bercak – bercak coklat kehitam – hitama pada bagia daun tanaman anggrek. Untuk mengatasinya, anda hanya cukup menyemprotkan insektisida secukupnya secara rutin hingga bercak – bercak tersebut memudar dan hilang. Namun, apabila anggrek anda sudah memiliki peranakan tanaman baru yang subur dan cantik, pemberian insektisida dapat di berhentikan.

Itulah tips yang bisa anda gunakan untuk dapat menanam dan mengembangkan budidaya tanaman anggrek yang anda miliki. Semakin cantik dan suburnya tanaman anggrek yang anda miliki, semakin tinggi pula harga jual yang bisa anda tawarkan. Semoga artikel di atas bisa memberikan inspirasi bagi anda

 

Sumber : http://www.suhedribusli.com/tips-sukses-membudidayakan-tanaman-anggrek-buahkan-omset-menggiurkan/ 

Komentar atas Tips Sukses Membudidayakan Tanaman Anggrek, Buahkan Omset Menggiurkan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License