KADER POSYANDU BALITA DESA IMOGIRI IKUTI PELATIHAN

Administrator 24 Januari 2019 11:41:41 WIB

Warta Krajan, Rabu (23/01) Kader Posyandu Balita se desa Imogiri mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Perkumpulan Kader se Desa Imogiri. Kegiatan dilaksankan di Gedung Krajan dengan narasumber dr. Florentina Sita Kepala Puskesmas I Imogiri dan Nestri Arul Fa’thini nutrisionis Puskesmas Imogiri I.

Dalam keterangannya Aina Dili Hastuti selaku panitia menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader-kader posyandu Balita dalam hal penimbangan, pengisian buku KMS, dan penyuluhan kesehatan balita. Hal ini dilakukan karena banyaknya kader-kader yang baru dan belum mempunyai dasar pengetahuan terkait dengan pelayanan balita.

Dalam kesempatan tersebut dr. Florentina Sita Murti sebagai narasumber pertama menyampaikan bahwa keberadaan Posyandu di masyarakat adalah sangat penting. “ Posyandu merupakan satu bentuk upaya kesehatan berbasis masyarakat yang di kelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat”. Lebih lanjut disampaikan bahwa Posyandu mempunyai manfaat untuk mendukung perbaikan perilaku, keadaan gizi, dan kesehatan keluarga, mendukung perilaku hidup bersih dan sehat, mendukung pencegahan penyakit yang berbasis lingkungan dan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, mendukung pelayanan KB, mendukung pemberdayaan keluarga dan masyarakat dalam penganekaragaman pangan.

Sementara itu Nestri Arul Fa’thini yang tampil sebagai narasumber kedua menyampaikan materi terkait dengan Program PMBA (Pemberian Makan Bayi dan Anak). “PMBA adalah pola pemberian makan yang tepat untuk mendukung pertumbuhan yang optimal pada anak” demikian disampaikan oleh Ibu Nestri. Selanjutnya menurut beliau ruang lingkup dari PMBA adalah : IMD (Inisiasi Menyusui Dini), pemberian ASI eksklusif, pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) mulai usia 6 bulan dan lanjutkan ASI sampai usia 2 th, Pemberian ASI dalam situasi darurat, ASI dalam situasi khusus.

Selain diisi dengan materi tentang balita, juga dilaksankan simulasi atau praktek dalam pengisian KMS Balita, cara penimbangan yang benar. (MuN)

Komentar atas KADER POSYANDU BALITA DESA IMOGIRI IKUTI PELATIHAN

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License