PENGEMBANGAN KAWASAN KULINER DESA IMOGIRI

Administrator 15 Mei 2019 08:43:31 WIB

Pemerintah Desa Imogiri, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana mengembangkan kawasan Pusat Kuliner Imogiri untuk memaksimalkan potensi ekonomi dari sektor wirausaha tersebut. "Lingkup wilayah kami ini kan di perkotaan, selain seni budaya juga ada kuliner yang menjadi salah satu unggulan kami, maka tahun ini kami rencanakan pengembangan untuk kuliner di Imogiri utara," kata Sekretaris Desa Imogiri Sigit Nugroho di Bantul, Sabtu.

Menurut dia, rencana pengembangan kawasan untuk kuliner tersebut akan direalisasikan di sekitar Pusat Kuliner Terpadu Imogiri, pusat kuliner Imogiri bekas Lapangan Demi tersebut terdapat di tepi Jalan Imogiri Timur. Sigit menjelaskan,  akan dibangun los-los permanen untuk pedagang dan fasilitas pendukung lain di kawasan Pusat Kuliner Imogiri. Pada 2019 mulai perencanaan sambil menunggu perizinan penggunaan lahan. "Untuk perencanaan baru tahun ini, karena kendala di perizinan Gubernur untuk penggunaan tanah kas desa itu belum 'clear', mungkin (pembangunan) baru bisa kami laksanakan pada 2020," katanya. "Lapangan Demi itu merupakan tanah kas desa, jadi nanti bisa kami  soundingkan lagi dan kerja sama dengan Dinas Perdagangan Bantul untuk pengembangan kawasan untuk pedagang yang masih aktif," katanya.

Dia mengatakan, pengembangan kawasan sentra kuliner di Imogiri itu karena melihat potensi perekonomian masyarakat Desa Imogiri yang mayoritas memiliki mata pencaharian sebagai pedagang kuliner baik tradisional maupun modern. "Dari sisi jumlah penduduk di Desa Imogiri ini sekitar 4.200 jiwa dengan luas wilayah sekitar 79 hektare, terdiri empat pedukuhan dan 32 RT (rukun tetangga), mayoritas pekerjaan wirausaha dan sektor perdagangan," katanya.
Menurut dia, pengembangan kawasan Pusat Kuliner Imogiri tersebut awalnya diinisiasi Dinas Perdagangan dengan pihak kecamatan, dengan tujuan menata pedagang kuliner di depan Kantor Camat Imogiri. "Jadi semua pedagang kuliner akan direlokasi dan dialihkan ke sana. Sudah ada perencanaan dari Dinas Perdagangan, desa sudah menganggarkan yang nanti 'sharing' (berbagi) anggaran dengan Dinas Perdagangan, tinggal izin dari Gubernur," katanya.

https://jogja.antaranews.com/berita/374439/pemdes-imogiri-akan-kembangkan-kawasan-pusat-kuliner-imogiri

COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar atas PENGEMBANGAN KAWASAN KULINER DESA IMOGIRI

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License