Peringatan Hari Anak Nasional di Kampung Sawah Durimanis- KKN PPM UGM 2022 YO081

Administrator 12 Agustus 2022 10:30:26 WIB

KKN PPM UGM 2022- Dukuh, Sabtu (23/07) Hari Anak Nasional (HAN) adalah salah satu hari penting dalam kalender Indonesia yang dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal. Kementrian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI) mendukung perayaan Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap tanggal 23 Juni. Bukti nyata dari dukungan KPPAI tercermin dalam pedoman penyelenggaraan peringatan HAN, yang salah satu isinya berisi bahwa peringatan HAN dapat dilaksanakan dengan berbagai kegiatan seperti seminar, menonton film bersama, bakti sosial, jalan sehat gembira, berbagai jenis perlombaan, dan lain lain.

Pada peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2022 di Kampung Dukuh, Padukuhan Dukuh, Tim KKN PPM dari Universitas Gadjah Mada menyelenggarakan eksperimen sederhana dan berbagai perlombaan bagi anak-anak tingkat TK dan SD yang dilaksanakan di Kampung Sawah Durimanis. Kampung Sawah Durimanis sendiri merupakan tempat wisata milik kampung yang sedang dikembangkan menjadi restoran, tempat outbond, dan homestay. Eksperimen sederhana dan berbagai perlombaan yang dilaksanakan adalah sebagai berikut.

  1. Eksperimen Simulasi Gunung Meletus

Acara dibuka dengan sesi eksperimen sederhana, dimana eksperimen yang dilakukan adalah simulasi terjadinya gunung meletus. Eksperimen ini bermodalkan botol bekas, koran bekas, air, cuka, soda kue, dan pewarna makanan. Tim KKN PPM UGM memandu dan membantu anak-anak agar memahami dan mengerti mengenai eksperimen yang dilakukan.

  1. Lomba Mewarnai

Sebelum mengikuti perlombaan berkelompok, anak-anak tingkat TK dan SD kelas 1 mengikuti lomba individu, yaitu lomba mewarnai. Tim KKN PPM UGM menyiapkan beberapa jenis gambar kartun, lalu peserta lomba dapat memilih gambar mana yang mereka sukai untuk diwarnai.

  1. Estafet Karet Gelang

Perlombaan yang pertama adalah estafet karet gelang. Perlombaan ini merupakan perlombaan berkelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang. Perlombaan dilakukan dengan memindahkan karet gelang dari satu piring ke piring lainnya menggunakan sedotan yang ditahan menggunakan mulut dan estafet dari orang paling depan hingga orang yang paling belakang. Pemenang ditentukan dengan banyaknya karet gelang yang berhasil dipindahkan.

  1. Memasukkan Paku ke Dalam Botol

Perlombaan berikutnya adalah lomba memasukkan paku ke dalam botol. Jika biasanya perlombaan ini dilaksanakan secara individu, kali ini perlombaan memasukkan paku ke dalam botol dilaksanakan secara berkelompok. Kelompok yang beranggotakan 5 orang akan bergiliran untuk memasukkan paku ke dalam botol. Tim yang paling cepat seluruh anggotanya memasukkan paku ke dalam botol merupakan pemenang dari perlombaan ini.

  1. Estafet Air

Perlombaan yang terakhir adalah estafet air. Perlombaan ini dilakukan secara berkelompok dimana anggota kelompok berbaris dan memegang sebuah gelas plastik yang nantinya akan digunakan untuk meng-estafet-kan air dari depan menuju ke belakang. Setelah sampai kepada orang paling belakang, air dimasukkan ke dalam botol. Pemenang dari perlombaan ini dilihat dari banyaknya air yang dikumpulkan selama 3 menit.

Berbagai kegiatan di atas mendapatkan antusiasme yang tinggi dari anak-anak, canda dan tawa terpancar dari wajah mereka. Perlombaan ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama, kepedulian, dan kreativitas anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

 

Komentar atas Peringatan Hari Anak Nasional di Kampung Sawah Durimanis- KKN PPM UGM 2022 YO081

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License