Kampung Sawah Durimanis sebagai Usaha Desa Wisata untuk Kesejahteraan Masyarakat

Administrator 15 Agustus 2022 14:48:59 WIB

KKN PPM UGM 2022 - “Kemandirian desa merupakan cita-cita bersama  pemerintah  desa,  terlebih lagi ketika desa tersebut didukung dana dari pemerintah pusat atau perintah desa, ADD (Alokasi Dana Desa) dan DD (Dana Desa)”

Demikian disampaikan oleh mantan Bupati Bantul periode sebelumnya, Suharsono dalam sambutan menyambut Tim Verifikasi Lomba Desa Wisata 2019 dari Kemendes PDT dan Transmigrasi RI.

Kampung Sawah Durimanis yang terletak di Desa Dukuh, Kelurahan Imogiri hadir sebagai salah satu usaha pembangunan desa wisata di Kabupaten Bantul untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pembangunannya usaha rintisan desa wisata ini bukan salah satu dari banyaknya desa yang mendapat dukungan dana dari pemerintah, baik pusat maupun kabupaten. Meskipun demikian, kenyataan tersebut tidak menyurutkan semangat dari Pak Darno, Pak Eko, Pak Kelik, Pak Udin, Pak Sarwanto, Pak Bagus, Mas Aan, Mas Rendra, dan yang lainnya sebagai pengurus Kampung Sawah Durimanis merintis usaha desa wisata ini dari tahun 2019.

Kata “Durimanis”  yang diambil setelah melewati banyak musyawarah desa merupakan  kependekan  dari Dukuh Imogiri Maju, Aman,Indah, Sejahtera yang merupakan visi atau cita-cita Desa Dukuh.

Menurut penyataan dari Pak Sarwanto gagasan merintis desa wisata berangkat dari kegelisahan para pemilik kolam gaya mina yang banyak ada di Desa Dukuh. Lantaran produksi ikan yang dihasilkan terlampau nanggung, terlalu banyak untuk konsumsi pribadi namun bagi tengkulak produksi tersebut masuk dalam kategori omzet kecil sehingga tidak bisa mengundang tengkulak. Kampung Sawah Durimanis hadir sebagai usaha rintisan desa wisata yang harapannya dapat menjadi tempat kuliner yang menyajikan olahan dari masyarakat Desa Dukuh, tempat outbond dengan latar belakang persawahan, dan homestay nyaman yang asri khas pedesaan.

Kampung Sawah Durimanis hingga saat ini masih kesulitan mencari modal untuk bisa dikembangkan menjadi tempat wisata yang terkenal. Meskipun demikian, jika saat ini kita berkunjung tempat ini memiliki fasilitas yang nyaman dan memadai. Tempat ini merupakan hidden gem bagi anak-anak muda mengerjakan tugas dengan latar belakang pemandangan khas pedesaan.

Jika tertarik berkunjung Kampung Sawah Durimanis buka dari Senin- Minggu, pukul 14.00-22.00 WIB.

Kepustakaan https://www.timesindonesia.co.id/read/news/233065/index.html Pernyataan Memori Kolektif Sarwanto salah satu Pengurus Kampung Sawah Duwimanis, wawancara 22 Juli 2022.

Oleh: Anisa Nur Puji A

Komentar atas Kampung Sawah Durimanis sebagai Usaha Desa Wisata untuk Kesejahteraan Masyarakat

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

BANTUL BERSAMA

iNDONESIA RAYA

Pengumuman

...SELAMAT BEKERJA....

Kalender

Aplikasi Android GIRIWARTA

Live Chat

Musik

Peta

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License